PERJALANAN HAMIL - TIDAK SELALU MENGANDALKAN BPJS

 Maret, 2021


Kehamilan pertamaku ini, tidak pernah muluk-muluk, tidak pernah merasa morningsick, tidak pernah ngidam berlebih, kuat diajak kerja, perjalan bolak-balik kebagusan-harmoni untuk sampai ke kantor, naik busway pula.

yang perlu aku sadari, aku tidaklah sendiri di dalam diri ini, setiap pagi yg terpenting aku harus sarapan,minum susu, dan minum vitamin di malam hari, untuk obat penguat kandungan ku minum setelah makan siang, pokoknya aku berpikir kalau perut aku ini ga boleh kosong.


sesuai perkataan dokter, aku boleh kembali cek kandungan lagi bulan berikutnya saat usia kandungan -+3 bulan. datanglah aku ke RSUD kembali ke poli kandungan. sampai sana, ditanya keluhan aku apa, dan katanya rujukan aku sudah ga berlaku lagi. aku juga bingung dong mesti gimana namanya aku ga pernah berobat ke rumah sakit apalagi ke dokter kandungan, bener-bener butaaaa bangett.. apalagi aku ga punya buku pink itu yg biasanya orang sebut buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) karna emang ga dikasih dari puskesmas kemarin ataupun dari RSUD kemarin. lhaaa terus.. gue mesti minta sama siapa dong???

gue tanya lah sama perawat RSUD disitu, "bu saya kok ga dikasih buku pink itu ya?" trs dia jawab apa, dia bilang "maaf bu, itu buku buat yg hamilnya udah 4 bulan"

"HAH?? apa bener ga sih? trs gue hamil 1-3 bulan taro dimana kalo bukan di rahim? ga perlu dicatet?" dalam hati gue gitu.. tapi, ya apa daya lah gue diem aja.

akhirnya aku bilang, yaudah gapapa bu, saya bayar aja periksa kali ini.

udahlah itu,bla-bla-bla ngurus administrasi segala macem, akhirnya ketemu juga sama dokter kandungan kemarin, cek USG posisi bayi, detak jantung bayi, berat badan bayi,sama pertanyaan kayak sering keputihan apa ngga, katanya hamilku normal, cuma air ketuban terasa sedikit jadi perlu banyak minum air putih sebanyak-banyaknya, di lanjut minum vitamin dan susu hamil aja, dan si dokter nanya, "bu, kenapa ga pake bpjs? disini pasien kita banyak yg bpjs loh bu..sama aja kok pelayanannya"

kata gue dalem hati "ye tadi kata perawat depan ga bisa" "lagian dok, saya ga dikasih rujukan lagi sama puskesmasnya soalnya katanya saya ga ada keluhan"

trus dokter bilang "yah kalo begitu, saya ga bisa bilang apa-apa bu kalo dari faskes pertamanya ga ngasih" "tapi ibu disini alamat rumahnya di kebagusan ya bu? saya ada praktek juga disana di smart pregnancy kebagusan setiap jumat sore, ibu bisa konsul disana sama saya daripada jauh kesini, dekat kan sama rumah ibu"

alhamdulillah, aku juga baru menyadari ada klinik baru di ruko deket rumah namanya smart pregnancy, ternyata dokternya praktek disana juga jadi ga perlu jauh sama antri lama kayak di rumah sakit. tinggal bisa nih gue searching di google pendaftarannya gimana.

bulan berikutmya, aku tetep dateng ke puskesmas ke poli KIA pake bpjs kali ini guys, disitulah aku baru dikasih yg namanya buku pink tuh, trs di cek berat badannya, tensinya sama dicek detak jantung tapi pake alat yg namanya doppler.


yg begini gaesss...

kata bidan puskesmas, janin normal, tensi ku juga normal, dan aku ga ada keluhan samsek. karna aku minum vitamin yg di pake resep dokter, jadi disuruh lanjutin, soalnya kalo yg dikasih sama puskesmas paling yg biasa soalnya gratis katanya ceunah. dan dijadwalkan kontrol bulan berikutnya.

tapi, jujur yaaa.. ini mah jujuuuur pisan euyyy.. aku kok kurang percaya ya sama puskesmas, karna mungkin ga ada kelengkapan USG dan aku ga pernah dikasih rujukan ke dokter kandungan samsek, padahal aku udah bilang kalo kemaren ke dokter kandungan, dibilang air ketubanku sedikit kata dokter, tp mereka ga kasih rujukan, malah katanya "yah bu, kalo ke dokter paling biaya pribadi". seolah mereka seperti bisa handle sendiri

tapi, aku coba daftar di smart pregnancy buat ketemu dokter kemarin, biarlah aku merogoh kocek agak dalam, yg penting aku ketemu dokter, gitu pikiranku saat itu.

jadi ya gesss yaa, aku ga ngandelin bpjs aja pas hamil saat itu, aku pake uang pribadi setiap ketemu dokter, buat beli vitamin, dan susu hamil. jadi, ya memang aku bisa 2x dalam bulan itu cek kehamilan, pertama ke puskesmas gratis , trs nantinya kapan gitu ke dokter pas dokter praktek, pikirku gapapa lah sebulan sekali ini aku ketemu dokter.

oh ya, di smart pregnancy ada layanan melahirkan juga, aku sempat tertarik rencana melahirkan disana, rasanya homey, tapi persalinan harus normal ga bisa caesar, toh pikirku kyanya aku bisa nih lahiran normal. cumaaaaa...., harganya mehong booo... pas aku tanya, melahirkan disana harganya mulai 14 juta-an, itupun belum dihitung obat, ada tindakan atau ga nya ,dan belum dokter anaknya, WOW banget ya...

disitulah aku merasa galau, mulai memikirkan aku mau lahiran dimana nanti.. apa di klinik itu, di rumah sakit sama dokter, atau di puskesmas dgn gratis pake bpjs.

suami ku bilang, kalo normal, di puskes aja, deket, gratis lagi..kan lumayan biayanya bisa buat perlengkapan bayi nanti..

ya emang ga salah siiih, tapi hati kyanya takut aja gitu.. ya gimana sih.. ya gitu deh...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Diriku

Kehamilan Pertama - Aku Yang Memintanya!!!